Advance Teknologi & Layanan Optimal Antar AHM Kukuhkan Kepemimpinan Pasar

SF_SBY

Jakarta – Komitmen PT Astra Honda Motor (AHM) untuk menemani konsumen dengan memberikan produk dan layanan terbaik menuai hasil positif. Beragam teknologi canggih yang disematkan pada produk motor Honda dibarengi dengan layanan paripurna mengantarkan AHM untuk semakin memperkokoh posisinya sebagai pemimpin pasar motor nasional.

 Teknologi canggih pada produk domestik yang pertama kali diperkenalkan ke pasar tahun ini adalah Idling Stop System (ISS). Disematkan pada Honda Vario 125 CBS Idling Stop, teknologi ini mampu membuat konsumsi bahan bakar mejadi jauh lebih irit. Teknologi ISS akan mematikan mesin secara sementara setelah motor berhenti lebih dari 3 detik. Pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi. Teknologi ini akan sangat bermafaat digunakan di tengah kondisi lalu lintas yang padat dengan tetap menjamin ketersediaan aliran listrik saat Idling Stop System ini diaktifkan. 

 Teknologi ISS ini juga membuat Honda Vario lebih ramah lingkungan. Fitur advanced ini merupakan inovasi tahap lanjut yang sebelumnya telah diaplikasikan di motor premium Honda PCX150. Teknologi ini semakin melengkapi kecanggihan lain yang sebelumnya pernah dirilis Honda melalui Honda Vario 125 CBS. Motor ini dilengkapi mesin matik terbaru Honda, eSP engine (Enhanced Smart Power), seperti Teknologi ACG (Alternating Current Generator) Starter yang memberikan kenyamanan terbaik di kelasnya karena membuatnya lebih halus saat dinyalakan. AHM sebelumnya juga mempelopori fitur standar samping otomatis (Side Stand Switch) dan Brake Lock.

 Selain itu AHM merilis fitur keselamatan terbaik seperti Combi Brake System untuk menambah efektifitas pengereman. Penggunanya lebih nyaman dalam melakukan pengereman. Saat tuas rem ditarik maka gaya pengereman tidak hanya didistribusikan ke roda belakang, namun sebagian juga didistribusikan ke roda depan. Dengan sistem ini maka pengereman berlangsung lebih sempurna dan nyaman.

 Teknologi pengereman yang lebih canggih dapat dinikmati konsumen dalam Honda CBR250R yang dilengkapi dengan Combine ABS. Teknologi ini memadukan sistem pengereman ABS dengan Combi-Brake sehingga selain mendapatkan pengereman yang lebih sempurna dan nyaman, teknologi ini menghidarkan pemakainya dari terkuncinya roda saat pengereman karena teknologi ini mampu menghadirkan pengereman yang seimbang dan benar.

 Yang paling fenomenal dari langkah AHM untuk konsumen adalah komitmennya dalam memberikan produk hemat BBM dan ramah lingkunan melalui teknologi injeksi. Langkah ini merupakan salah satu bentuk kecintaan dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan. Menyempurnakan kepeloporannya dalam memperkenalkan teknologi injeksi di Indonesia sejak 2005, AHM melangkah lebih awal mendahului regulasi pemerintah dengan merilis produk-produk motor injeksi, antara lain Honda CBR250R, Honda CBR150R, Honda CB150R StreetFire, Honda PCX150, Honda Verza 150, Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI, Honda Vario 125 PGM-FI, Honda Spacy FI, All New Honda BeAT FI, New Honda Scoopy FI, dan Honda Vario 125 CBS Idling Stop.

 Teknologi injeksi atau Honda PGM-FI merupakan sistem suplai bahan bakar dengan teknologi kontrol elektronik yang mampu memasok bahan bakar dan udara secara optimum sesuai dengan kebutuhan mesin di setiap keadaan. Teknologi ini memberikan banyak manfaat antara lain menyumbangkan emisi gas buang yang bersih, konsumsi BBM jauh lebih hemat, membuat mesin lebih powerful, serta lebih mudah dan murah perawatan.

 Kepuasan Konsumen

Sejalan dengan komitmen terhadap teknologi injeksi, AHM menyiapkan semua jaringannya agar siap untuk mengedukasi sekaligus melayani konsumen pemilik sepeda motor Honda. Untuk keperluan ini, AHM didukung lebih dari 3.600 bengkel AHASS dengan sekitar 19.000 teknisi terlatih dan berpengalaman serta 1.800 showroom, dan 7.550 jaringan suku cadang yang siap melayani jutaan pengguna sepeda motor Honda di Indonesia dengan baik.

 Komitmen dan keseriusan AHM dalam melayani konsumen ini mendapat Penghargaan Service Quality (SQ) Award 2013 sekaligus dinobatkan sebagai perusahaan dengan pelayanan pelanggan terbaik di industri kendaraan roda dua. AHM juga berhasil memenangkan kompetisi Contact Center World Top World Ranking Performance kategori Best Technology Innovation (GOLD) dan Best Operational Contact Center (SILVER) pada 11-15 November 2013 di Las Vegas, Nevada. Prestasi ini membuktikan bahwa layanan Contact Center AHM memiliki reputasi international dan mampu bersaing dengan perusahaan lain di dunia international.

“Kepuasan konsumen merupakan fokus utama kami dalam memberikan produk dengan teknologi tercanggih dan layanan terbaik yang kami miliki. Kami yakin dengan cara ini kami dapat selalu menemani masyarakat Indonesia mewujudkan mimpinya,” ujar Direktur Marketing AHM Margono Tanuwijaya.

 60,4% Pangsa Pasar

Margono menyatakan dengan komitmen yang besar terhadap kepuasan konsumen, perusahaan mendapatkan kepercayaan yang semakin besar dari masyarakat. Setidaknya hal ini tercermin dari kinerja penjualan perusahaan selama sebelas bulan pertama tahun ini.

 Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pada periode Januari-November 2013, AHM berhasil meraih 60,4% pangsa pasar setelah berhasil menjual 4.357.660 unit motor. Angka ini tumbuh 15% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, yang berarti jauh melampaui pertumbuhan pasar motor nasional yang hanya tumbuh 8,5% dari hanya 6.652.745 unit pada Januari-November 2012 menjadi 7.218.606 unit pada periode yang sama tahun ini.

 “Kami berterima kasih kepada masyarakat yang telah memilih Honda sebagai alat transportasi dan juga untuk kerja keras segenap tim kami, termasuk di jaringan main dealer yang selalu memberikan yang terbaik kepada konsumen. Kami berkomitmen untuk terus menyajikan layanan terbaik dan fitur produk yang memiliki added-value teknologi terbaru yang bermanfaat bagi konsumen di masa mendatang”

 Berdasarkan segmentasi, di pasar sepeda motor bebek pada Januari-November 2013 AHM berhasil menjual 818.735 unit atau 49,4% pangsa pasar. Honda Supra series tercatat sebagai penyumbang terbesar dengan angka penjualan 389.682 unit diikuti Honda Revo Series 316.729 unit dan Honda Blade 112.324 unit.

 Di segmen skutik, AHM berhasil mendominasi dengan pangsa pasar 70% setelah berhasil menjual 3.171.470 unit motor skutik. Angka ini tumbuh 21% dibandingkan Januari-November 2012 yang hanya 3.171.470 unit. Honda BeAT tercatat sebagai penyumbang terbesar dengan penjualan 1.717.574 unit diikuti Honda Vario Series 1.217.830 unit, Honda Scoopy FI 185.034 unit, Honda Spacy FI 47.192 unit, dan Honda PCX 150 4.840 unit.

 Di segmen sport, pangsa pasar AHM meningkat pesat dengan menguasai 36,4% setelah berhasil menjual 367.455 unit motor. Honda CB150R StreetFire tercatat sebagi kontributor terbesar dengan angka penjualan 165.617 unit diikuti oleh Honda Verza 131.234 unit, Honda MegaPro 47.892 unit, Honda Tiger 11.759 unit, dan Honda CBR Series 10.947 unit.

8 Komentar

Filed under Honda R2

8 responses to “Advance Teknologi & Layanan Optimal Antar AHM Kukuhkan Kepemimpinan Pasar

  1. Haroem

    mantabh,,, lagi jadi market share leader terus nih AHM… jangan terlena, terus kembangin kualitas,,, takutnya kesalip lagi sama kompetitor kayak dulu,, hehe

    Suka

  2. devina

    Suatu kebanggaan buat Honda karena mampu meraih hasil maksimal di tahun ini. Sekali lagi Gwa sebagai pecinta motor mengucapkan salut buat Honda atas prestasinya di tahun 2013

    Suka

  3. kita lihat saja nanti apakah terbukti layanan optimalnya…
    yg ane rasakan sih memang banyak hal yg sdh ok tapi yg terpenting malah nggak optimal spt servis mahal dan nunggu lama

    Suka

  4. koboy senior

    Honda memang selalu menjadi yang terbaik, selalu menjadi pelopor dan yang lain hanya ikuta2an, ga kreatif… saluuttt buat AHM..

    Suka

  5. nienneo

    Benar Bro and Sis…Technology canggih semata tidak akan berkenan di mata para konsumen… kita – kita ni konsumen gak cuman mau technologi canggih tapi pelayanannya kayak robot…dingin dan tanpa hati…kami juga ingin dianggap manusia…jangan uang kami aja yang dihargai…pelayanan pra petugasnya HARUS pake HATI…ini yang bener..

    Suka

  6. piyopiyo

    gw dah nyangka sih pasti Honda yang menang dari varian nya aja banyak banget….

    Suka

Tinggalkan Balasan ke nienneo Batalkan balasan